dot bayi2
[Umum ]

Cara Memilih Dot bayi yang terbaik

babyhuki.co.id – Jika digunakan dengan cara yang benar, dot bukan hanya sekedar “pengemudi” bagi si kecil, tetapi merupakan dukungan yang sahih bagi orang tua dalam mengasuh anaknya dengan tenang. Berikut panduan lengkap memilih dan menggunakan dot: ciri-ciri apa yang harus dimiliki, cara menjaga kebersihannya, cara penggunaan yang benar.

Dot adalah bantuan untuk bayi yang baru lahir

Anglo-Saxon menyebutnya “dot”, dan ini mungkin cara yang paling cocok untuk menekankan sifat-sifat dot. Faktanya, jika mengisap adalah refleks utama yang dibutuhkan bayi baru lahir untuk diberi makan dan dihidrasi, bagi sebagian besar bayi, itu juga merupakan cara untuk menenangkan diri, rileks, dan “menghibur diri” pada saat stres. Oleh karena itu, dot, jika digunakan dengan cara yang benar, dapat menjadi alat yang berguna, baik dalam hal pemberian makanan buatan maupun menyusui.

Penggunaan dot juga mengurangi risiko SIDS (sindrom “kematian ranjang” yang memengaruhi bayi di tahun pertama kehidupan). Pada bayi prematur, dot lebih menyukai perolehan mengisap dan oleh karena itu pendekatan untuk menyusui.

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih dot, menjaga kebersihannya dan menggunakannya dengan benar.

Bagaimana dot dibuat

Dot yang paling umum dibuat dari tiga bagian yang dirakit: dot, pelindung, dan cincin.

Dot dapat dibuat dari silikon atau lateks/karet.

Bentuk dot bisa bulat, anatomis atau teardrop. Dot bulat memiliki penampilan bola bulat sempurna (seperti buah ceri). Dot anatomisnya asimetris, datar ke bawah (menuju lidah) dan membulat ke atas (menuju langit-langit mulut). Tetesan air mata memiliki bentuk memanjang dan simetris.

Pelindung tersebut berfungsi mencegah dot terhisap ke dalam mulut sehingga menyebabkan anak mati lemas. Ini terbuat dari bahan plastik.

Cincin

Cincin (juga dari bahan plastik) memiliki fungsi praktis untuk dapat dengan lebih mudah mengekstrak, menangani, dan menghubungkan (misalnya ke rantai dengan klip) dot.

Ada juga dot yang tidak terdiri dari tiga bagian bahan yang berbeda, tetapi terbuat dari satu blok bahan yang sama, yang dapat berupa silikon atau lateks/karet.