menjaga kebersihan organ intim
[Kesehatan ]

Pentingnya Menjaga Kebersihan Organ Intim Pria dan Wanita

Menjaga kebersihan organ intim baik untuk pria maupun wanita sangat penting, terutama jika Anda aktif secara seksual. Secara khusus, pria yang menderita masalah prostat harus memastikan bahwa mereka menjaga kebersihan kelenjar prostat. Infeksi prostat disebabkan oleh peradangan yang berlebihan. Ketika ada peradangan yang berlebihan, darah tidak dapat mengalir dengan bebas melalui prostat dan saluran kemih, itulah sebabnya mengapa sangat menyakitkan.

Pria harus menemui dokter mereka ketika mereka mulai melihat gejala infeksi prostat. Mereka kemudian bisa mendapatkan obat yang tepat untuk menyelesaikan masalah dan melindungi saluran kemih mereka dari peradangan. Untuk wanita, dokter biasanya akan merekomendasikan beberapa bentuk pengobatan atau pencegahan sesegera mungkin untuk mencegah infeksi datang kembali.

Menjaga Kebersihan Organ Intim Pria dan Wanita

menjaga kebersihan organ intim

Pria dan wanita dapat memiliki sejumlah masalah yang disebabkan oleh peradangan panggul. Salah satu yang paling umum adalah ereksi yang keras. Ini biasanya disertai dengan buang air kecil yang menyakitkan, dan mungkin disertai dengan gejala lain seperti demam, lesu, nyeri saat pergi ke kamar mandi, dan bahkan pembengkakan di perut bagian bawah. Anda mungkin juga mulai melihat bintik-bintik pada kulit. Jika Anda tidak segera mengobati ISK, Anda bisa melihat bekas luka di uretra dan kandung kemih.

Beberapa pria memiliki kondisi yang dikenal sebagai hiperpigmentasi. Ini adalah saat area di sekitar alat kelamin mengembangkan bercak yang lebih gelap. Hiperpigmentasi disebabkan oleh paparan sinar matahari, yang dapat menyebabkan kulit terbakar pada orang dengan kulit pucat. Sering kali pria dengan hiperpigmentasi tidak memiliki gejala lain, tetapi mereka tetap ingin menjaga kebersihan alat kelaminnya dan jauh dari sinar matahari.

Untungnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan pria untuk mengatasi hiperpigmentasi dan menjaga kebersihan alat kelaminnya. Kortikosteroid topikal dan obat resep lainnya tersedia yang akan mengurangi peradangan dan meredakan nyeri. Berkali-kali dokter akan meresepkan serangkaian suntikan untuk mengurangi munculnya bercak hitam yang memalukan dan menjengkelkan pada testis. Namun, jika kondisi Anda menjadi sangat buruk sehingga Anda khawatir tentang kemungkinan terkena kanker, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan sesuatu selain obat resep.

Salah satu cara terbaik untuk menjaga organ intim tetap bersih dan aman dari penyakit adalah dengan selalu memeriksakan keputihan Anda. Meskipun sangat tidak menarik, vagina yang sehat merupakan indikator penting dari kesehatan secara keseluruhan. Jika Anda memiliki keputihan yang tidak normal, temui dokter Anda.

Banyak pria mengembangkan bintik-bintik kuning atau coklat kecil di testis. Ini lebih sering terjadi pada pria Afrika-Amerika, tetapi mereka dapat terjadi pada semua pria. Biasanya bintik-bintik ini tidak berbahaya, tetapi kadang-kadang bisa menjadi tanda masalah medis yang lebih serius. Untuk menjaga alat kelamin Anda tetap aman, hindari mengenakan pakaian dalam yang ketat yang memerangkap panas, dan jagalah alat kelamin Anda tetap bersih dan kering setiap saat.

Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, bintik hitam pada testis juga bisa menjadi tanda kanker prostat atau tumor. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, Anda harus segera menghubungi dokter Anda. Perlu diingat bahwa sejumlah kecil kanker prostat dapat benar-benar tidak terdeteksi. Tapi tumor prostat bisa sangat berbahaya jika tidak diobati. Jika Anda melihat gejala ini, Anda harus segera menghubungi dokter dan membuat janji untuk pemeriksaan.

Masalah lain yang biasanya didiagnosis dokter ketika ada gambaran klinis kutil kelamin adalah adanya kutil di sekitar anus dan/atau alat kelamin. Kutil kelamin disebabkan oleh virus papiloma manusia. Jika Anda memiliki tanda-tanda kutil kelamin yang kami jelaskan sebelumnya, Anda harus ingat bahwa kutil ini sangat menular. Oleh karena itu, Anda harus tetap berhubungan dengan dokter Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara terbaik untuk menghindari hubungan seksual.

Beberapa tampilan klinis kutil kelamin lain yang dokter perhatikan termasuk perubahan ukuran, bentuk, warna atau tampilan testis, dan perkembangan bintik hitam baru di area genital. Ada beberapa tampilan klinis kutil kelamin lain yang menurut dokter tidak terlalu mengganggu, seperti munculnya lesi baru di area genital. Namun, perubahan ini tidak selalu berarti bahwa Anda memiliki kutil kelamin. Jika Anda memiliki gejala klinis lain yang disebutkan di atas, dan Anda tidak pernah melakukan pemeriksaan testis, jangan berasumsi bahwa Anda memiliki atau tidak memiliki kutil kelamin. Lakukan pemeriksaan testis untuk memastikannya.

Meskipun tampilan klinis kutil kelamin tidak selalu berarti bahwa Anda memiliki kutil kelamin, perlu diingat bahwa kutil ini sangat menular. Jika Anda berpikir bahwa Anda mungkin memiliki kutil kelamin, temui dokter Anda sehingga ia dapat mengambil diagnosis yang akurat. Jika dia mendiagnosis Anda menderita kutil kelamin, Anda perlu mencari pilihan pengobatan. Dokter Anda dapat memberi Anda pilihan pengobatan yang paling efektif untuk kutil yang ia diagnosa, tetapi jika Anda melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang memiliki kutil kelamin, Anda harus selalu berhati-hati.  Bahwa pada saat melakukan hubungan seksual, Anda harus menggunakan alat kontrasepsi seperti pada produk kondom sutra untuk tetap menjaga kebersihan organ intim Anda. Perlu diingat bahwa pengobatan kutil kelamin sangat mahal dan memakan waktu.

Tag: